Selasa, 04 Januari 2022

Cara Mencuci Baju dengan Mesin Cuci Semi Otomatis yang Baik dan Benar

Masih belum tahu bagaimana cara mencuci baju dengan mesin cuci secara tepat? Mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci memang tidak boleh dilakukan secara asal. Sama halnya ketika Anda mencuci baju secara manual, Anda juga harus melakukannya dengan baik dan benar. Jika Anda selama ini tidak pernah mencuci baju menggunakan mesin cuci, simak saja ulasan di bawah ini. Berikut ini akan dibagikan tips cara mencuci pakaian dengan mesin cuci agar bersih yang baik dan benar. Jadi Anda dapat mencuci baju dengan bersih tanpa menyebabkan baju mengalami kerusakan.

cara menggunakan mesin cuci 1 tabung otomatis,cara mengoperasikan mesin cuci,mesin cuci 2 tabung,mesin cuci otomatis,cuci sharp,samsung 1 tabung,sharp super aquamagic,polytron 1 tabung,
Cara Kerja Mesin Cuci Otomatis yang Simpel dan Mudah
Selain itu, mencuci baju dengan mesin cuci yang benar juga dapat menghemat waktu dan menghemat energi. Jangan sampai penggunaan mesin cuci yang secara asal malah membuat tagihan listrik Anda membengkak. Untuk cara mencuci baju dengan mesin cuci otomatis sendiri sangat mudah untuk dilakukan. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan baju kotor dan deterjen ke dalam mesin cuci. Maka secara otomatis mesin cuci akan melakukan perendaman baju, pencucian sampai pengeringan secara otomatis. Jadi pekerjaan Anda dalam mencuci baju terasa begitu enteng dan Anda hanya perlu menjemurnya saja nanti.

Namun jika Anda menggunakan mesin cuci semi otomatis, cara mencuci baju dengan mesin cuci tersebut yaitu:

1. Pisahkan pakaian
Sama halnya dengan mencuci pakaian dengan menggunakan tangan, sebaiknya pisahkan pakaian sesuai kebutuhan. Pisahkan pakaian yang mudah luntur dan pisahkan pula pakaian yang tebal-tebal seperti celana Jean. 

2. Masukkan pakaian ke tabung
Jika sudah, cara mencuci baju dengan mesin cuci 2 tabung yang benar berikutnya yaitu memasukkan pakaian ke tabung. Jika Anda memiliki 2 jenis cucian, maka masukkan terlebih dahulu pakaian yang tidak mudah luntur. 

3. Masukkan deterjen dan air
Selanjutnya, masukkan deterjen ke dalam tabung yang sudah berisi pakaian kotor tersebut. Lanjutkan dengan mengisi tabung dengan air secukupnya saja, sesuaikan dengan jumlah pakaian. Namun ingat, mencuci juga harus sesuai dengan kapasitas tabung mesin cuci. Misalnya saja kapasitasnya 6 kg, maka jangan mencuci lebih dari kapasitas tersebut. Namun juga bukan berarti mencuci pakaian terlalu sedikit, sesuaikan dengan kapasitas mesin cuci atau kebutuhan Anda.

4. Jalankan mesin cuci
Pada mesin cuci akan terdapat beberapa panel yang dapat Anda gunakan untuk mengatur siklus pencucian. Silakan saja putar sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya saja Anda dapat menyetel untuk mencuci selama 30 menit. Cara mencuci baju dengan mesin cuci ini memang dilakukan secara semi otomatis. Di mana pengerjaan mencuci dikerjakan mesin cuci namun tetap membutuhkan bantuan Anda dalam mengoperasikannya.

5. Keringkan cucian
Jika siklus mencuci sudah selesai, lanjutkan dengan menjalankan siklus membilas. Buang air deterjen lalu isi dengan air yang bersih dan lakukan pembilasan. Jika sudah, maka lanjutkan dengan memasukkan pakaian tersebut ke dalam tabung yang satunya lagi. Di mana tabung tersebut digunakan untuk mengeringkan cucian. 

Cara menggunakan mesin cuci otomatis memang jauh lebih praktis dibandingkan mencuci menggunakan mesin cuci semi otomatis. Namun karena mesin cuci semi otomatis ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau, banyak orang yang memilih menggunakan mesin cuci semi otomatis. Yang perlu Anda lakukan adalah sesuai dengan langkah-langkah di atas, jika cucian sudah dikeringkan maka lanjutkan dengan penjemuran. Pakaian yang dicuci menggunakan mesin cuci semi otomatis biasanya masih lembab sehingga masih perlu dijemur. Itulah cara mencuci baju dengan mesin cuci semi otomatis yang baik dan benar.