Selasa, 04 Januari 2022

Tips Cara Menggunakan Kamera DSLR yang Tepat untuk Pemula

Ternyata masih ada bahkan tidak sedikit orang yang belum tahu bagaimana cara menggunakan kamera DSLR. Kamera DSLR sendiri merupakan kamera yang dilengkapi dengan fitur dan teknologi canggih. Namun karena kurangnya pemahaman dalam penggunaan kamera yang satu ini, hasil jepretan menjadi kurang maksimal. Jika Anda juga merupakan orang yang tidak terlalu paham mengenai cara menggunakan kamera canggih ini, silakan saja simak ulasan berikut. Berikut akan dibagikan tips cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula. Anda dapat mempelajari bagaimana cara menggunakan kamera canggih ini dengan menyimak ulasan berikut.
Cara Mudah Menggunakan Kamera DSLR

Tidak perlu menunggu lama lagi, ini dia cara mudah menggunakan kamera DSLR:

1. Aktifkan kamera
Untuk dapat melakukan cara menggunakan kamera DSLR, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah yaitu dengan menekan tombol ON yang ada pada kamera. Setelah itu lakukan pengecekan fokus kamera dengan melihat suatu objek melalui viewfinder. Sebagai pemula, jangan membiasakan untuk melihat objek yang ingin dipotret dari monitor LCD. Tujuannya agar nantinya Anda terbiasa melihat objek dari viewfinder sehingga hasil jepret menjadi lebih maksimal. 

2. Pengaturan menu
Sebelum membahas mengenai cara memotret dengan kamera DSLR, ketahui terlebih dahulu pengaturan menunya. Pasalnya, sebelum memotret Anda harus melakukan pengaturan terlebih dahulu agar hasil potretnya maksimal. 

3. Bidik objek
Cara menggunakan kamera DSLR selanjutnya yaitu bidik objek yang Anda inginkan. Jika Anda sudah melakukan pengaturan kamera dengan benar maka hasil bidik objek juga akan bagus. Hasil jepretan Anda akan semakin bagus jika Anda juga memilih angle yang tepat. 

4. Gunakan fokus otomatis
Jika Anda kesulitan dalam melakukan cara menggunakan kamera DSLR secara manual, lakukan secara otomatis. Terutama untuk pengaturan fokus, kamera DSLR menyediakan fitur fokus otomatis. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu melakukan pengaturan secara manual untuk fokus kamera. Untuk mengetahui apakah fitur fokus otomatisnya berjalan atau tidak, Anda dapat menekan setengah dari tombol shooting.

5. Perhatikan 4 elemen utama dalam dunia fotografi
Cara menggunakan kamera DSLR agar dapat menghasilkan gambar yang bagus, jangan abaikan 4 elemen utama dalam dunia fotografi. Diantaranya yaitu angle atau sudut pengambilan, pencahayaan, momen dan juga komposisinya. Jika 4 elemen tersebut diperhatikan dengan baik maka hasil jepretan juga akan bagus.

Itulah tips cara penggunaan kamera DSLR bagi Anda yang baru dalam menggunakan kamera DSLR. Kamera DSLR memang merupakan kamera canggih yang mampu mengabadikan momen dengan hasil gambar yang sangat bagus. Namun jika penggunaannya salah maka hasil jepretan kamera DSLR tidak ada bedanya dengan hasil jepretan kamera digital. Untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menggunakan kamera DSLR maka lakukan latihan sesering mungkin. Baik untuk objek yang berbeda-beda dan dengan kondisi pencahayaan yang berbeda-beda pula. Demikian tips yang dapat bagikan mengenai cara menggunakan kamera DSLR.