Minggu, 02 Januari 2022

3 Macam dan Ukuran Mesin Cuci Secara Umum

Hal yang menjadi pertimbangan dalam membeli mesin cuci adalah ukuran mesin cuci. Ukuran ini sangat penting untuk menyesuaikan besarnya tempat yang harus disediakan untuk menempatkan mesin cuci. Secara umum ukuran dari mesin cuci ini dibedakan berdasarkan jenisnya. Ada dua jenis mesin cuci yang ada yaitu mesin cuci 2 tabung dan mesin cuci 1 tabung. Ukuran kedua jenis mesin cuci ini tentu saja berbeda. Untuk mesin cuci 2 tabung ukurannya lebih besar dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung.

ukuran mesin cuci 2 tabung,ukuran mesin cuci samsung,ukuran mesin cuci front loading,cuci 1 tabung,cuci paling kecil,mesin cuci kecil untuk apartemen,mesin cuci 3 kg,ukuran dimensi mesin cuci,
5 Petunjuk Penggunaan Mesin Cuci Yang Tepat
Mesin cuci 1 tabung sendiri masih dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu mesin cuci top load dan front load. Kedua jenis mesin cuci 1 tabung ini juga mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Selain ukurannya yang berbeda, kapasitas dari setiap jenis mesin cuci ini juga berbeda. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini ukuran mesin cuci secara umum beserta dengan kapasitas maksimalnya:

1. Mesin cuci 2 tabung
Mesin cuci jenis 2 tabung merupakan mesin cuci dengan ukuran yang paling lebar dan panjang. Hal ini dikarenakan mesin cuci ini mempunyai dua tabung terpisah yang digunakan untuk mencuci dan mengeringkan. Secara umum, ukuran mesin cuci 2 tabung ini adalah 75 sampai 90 cm untuk panjang, 45 sampai 53 cm untuk lebar, dan 85 sampai 102 cm untuk tingginya. Sedangkan kapasitas dari mesin cuci 2 tabung ini hanya terbatas dari 6 kg sampai dengan 15 kg.

2. Mesin cuci 1 tabung front load
Jenis mesin cuci 1 tabung front load merupakan mesin cuci dengan bukaan depan atau tutup ada dibagian depan mesin cuci. Ukuran mesin cuci ini tidaklah terlalu besar namun mampu mencuci dengan kapasitas yang cukup besar. Panjang dari mesin cuci jenis ini hanya 59 sampai 69 cm dengan lebar 44 sampai 82 cm, sedangkan tingginya hanya 85 sampai 98cm. Kapasitas dari mesin cuci ini yaitu bisa mencuci dengan berat maksimal 17kg.

3. Mesin cuci 1 tabung top load
Mesin cuci 1 tabung top load mempunyai bentuk yang hampir sama dengan mesin cuci 1 tabung front load, hanya saja pada mesin cuci 1 tabung top load pintu atau bukaannya ada pada bagian atas. Jenis mesin cuci 1 tabung top load ini mempunyai ukuran yang cukup simple, yaitu 54 sampai 69 cm untuk panjangnya dan 54 sampai 72 cm untuk lebarnya. Sedangkan ukuran mesin cuci 1 tabung untuk tingginya yaitu 85 sampai 111 cm dengan kapasitas maksimal 20 kg.

Dengan mengetahui ukuran mesin cuci ini tentunya Anda sudah bisa memperkirakan lebar tempat yang harus disediakan untuk meletakkan mesin cuci yang nantinya akan dibeli. Sebenarnya ukuran setiap merek dan seri mesin cuci berbeda-beda, namun secara umum ukurannya hampir sama. Jika ukuran dari mesin cuci diatas masih terlalu besar, maka Anda bisa memilih mesin cuci mini atau portable. Namun mesin cuci ini hanya mampu mencuci maksimal 2 sampai 3 kg saja.