Selasa, 04 Januari 2022

Cara Menggunakan Link2SD Agar Memori Internal Menjadi Lebih Lapang

Link2SD merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk memindahkan data-data aplikasi ke dalam memori eksternal. Biasanya berbagai aplikasi pada smartphone android disimpan dalam memori internal. Tetapi jika memori internal memiliki kapasitas yang kecil, maka aplikasi yang diunduh dapat membuat memori tersebut menjadi penuh dan terbebani. Dengan adanya Link2SD ini, maka memori internal dapat menjadi lebih lapang. Adapun cara menggunakan Link2SD pada perangkat android dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

cara menggunakan link2sd tanpa root,cara partisi sd card tanpa pc,link2sd tanpa partisi,tutorial link2sd,link2sd plus,terbaru,link2sd apk download,kenapa link2sd tidak bisa memindahkan aplikasi,
Cara Menggunakan Lift Bagi Pemula
1. Menjalankan aplikasi
Sebelum mulai menjalankan aplikasi, tutorial Link2SD akan meminta pengguna melakukan root pada perangkatnya. Micro SD yang akan digunakan pun seharusnya sudah dipartisi terlebih dahulu. Jika kedua hal tersebut sudah dilakukan, aplikasi bisa mulai dijalankan. Jika kemudian ada permintaan untuk akses root, maka pilih ‘Allow’. Kemudian muncul pilihan dari file sistem pada partisi yang kedua dari Micro SD. Disini ekstensi yang dipilih untuk Link2SD harus sama dengan ekstensi saat melakukan setting partisi kedua. 

2. Melakukan restart perangkat
Setelah langkah pertama dijalankan, maka selanjutnya Anda harus melakukan restart perangkat sesuai dengan perintah. Setelah dilakukan restart, jalankan lagi aplikasi Link2SD. Jika pada langkah ini terjadi error, maka Anda harus mengulang lagi proses partisi tetapi dengan menggunakan file sistem yang berbeda. Disini terlihat bahwa tidak bisa dilakukan cara menggunakan link2SD tanpa partisi. 

3. Memindahkan aplikasi
Setelah proses kedua dari cara menggunakan Link2SD berhasil terlewati, kita bisa mulai memindahkan aplikasi ke dalam SD Card. Cara memindahkannya adalah dengan menekan icon tiga titik di kanan atas, lalu pilih ‘Multi-select’. Pilih lagi ‘Select all’ dibagian atas. Dengan memilih icon ini kita bisa memindahkan semua aplikasi yang mungkin untuk dipindahkan. Tetapi jika tidak ingin memindahkan semuanya, maka aplikasi-aplikasi tersebut bisa diseleksi untuk menentukan mana saja yang ingin dipindahkan. 

4. Melakukan konfirmasi
Aplikasi-aplikasi yang telah dipilih dan diseleksi kemudian dapat dipindahkan dengan terlebih dahulu melakukan konfirmasi. Caranya adalah dengan memilih ‘Link to SD Card’, hingga muncul menu untuk melakukan konfirmasi tersebut. Setelah itu lakukan centang pada tiga pilihan teratas, dan lanjutkan dengan memilih ‘Ok’. Dengan demikian, proses pemindahan aplikasi akan segera berjalan, tanpa harus melakukan metode yang biasanya digunakan untuk memindahkan data ke SD Card. 

Setelah semua langkah dari cara menggunakan Link2SD dilakukan, kita bisa segera melihat hasilnya. Memori internal dari smartphone akan menjadi lebih lapang karena data-data aplikasi tertentu telah dipindahkan ke memori eksternal partisi kedua. Selain untuk memindahkan aplikasi, Link2SD juga dapat digunakan untuk menghapus aplikasi dari sistem. Penggunaan memori juga dapat diketahui dengan mengeceknya melalui ‘Storage info’. Link2SD yang hadir dengan versi gratis maupun berbayar ini memang sangat penting untuk dimiliki agar memori internal smartphone menjadi lebih lapang.