Selasa, 04 Januari 2022

Inilah Cara Kerja Mesin Cuci Front Loading dan Komponen-Komponennya

Mengetahui cara kerja mesin cuci Front Loading cukup penting Anda lakukan, tentu saja bagi Anda yang memiliki mesin cuci Front Loading. Dengan mengetahui cara kerjanya, Anda tentu jauh lebih mudah dan paham mengenai cara pengoperasian mesin cuci 1 tabung ini. Mesin cuci memang terbagi menjadi 2 jenis yaitu mesin cuci 2 tabung dan mesin cuci 1 tabung. Untuk mesin cuci 1 tabung sendiri juga dibagi menjadi 2 yaitu mesin cuci Front Loading dan mesin cuci Top Loading. Ketahui juga bagaimana cara menggunakan mesin cuci Samsung Front Loading.

cara menggunakan mesin cuci samsung front loading,sharp front loading,front loading lg,cara kerja mesin cuci front loading lg,electrolux time manager,top loading,deterjen,
Cara Kerja Mesin Cuci 1 Tabung yang Simpel dan Lebih Mudah
Perbedaan utama mesin cuci Top Loading dan Front Loading adalah posisi tabungnya. Sesuai dengan posisi pintunya, mesin cuci Top Loading memiliki tabung yang vertikal sehingga pintunya di atas. Sementara mesin cuci Front Loading memiliki tabung yang posisinya horizontal sehingga pintunya di depan. Walaupun keduanya hanya memiliki 1 tabung, namun posisi tabung yang berbeda tersebut juga mempengaruhi cara kerjanya. Cara kerja mesin cuci Front Loading mirip seperti penggilasan pakaian secara manual. Dengan begitu pakaian yang dicuci lebih bersih dan risiko pakaian rusak juga lebih kecil.

Selain Samsung, LG juga memproduksi mesin cuci Front Loading dengan fitur-fitur yang tidak kalah canggih. Cara menggunakan mesin cuci LG Front Loading tidak berbeda jauh dengan cara menggunakan mesin cuci Front Loading dari Samsung. Secara garis besar, mesin cuci Front Loading mencuci dengan memutar cucian secara vertikal. Kelebihan mesin cuci Front Loading cukup banyak, namun harganya relatif lebih mahal. Bagaimanapun cara kerja mesin cuci Front Loading mirip seperti proses mencuci manual yaitu seperti dibanting-banting. Sehingga pakaian lebih bersih dan pakaian tidak melilit-lilit ketika dicuci.

Tidak hanya itu saja, mesin cuci Front Loading lebih hemat air. Tidak seperti mesin cuci Top Loading yang membutuhkan air banyak sampai pakaian terendam air. Selain membahas mengenai cara kerjanya, ketahui juga komponen pada mesin cuci Front Loading. Cara kerja mesin cuci Front Loading yang menghasilkan cucian yang lebih bersih didukung oleh komponen-komponen berikut:

- Modul control
Fungsi dari modul control yaitu untuk mengatur seluruh proses pencucian sampai pengeringan.

- Motor
Motor mesin cuci Front Loading berfungsi sebagai penggerak dari mesin cuci itu sendiri.

- Drain Pump
Drain Pump berfungsi untuk memompa air agar keluar dari mesin cuci.

- Heater
Untuk mesin cuci yang dilengkapi dengan fitur air panas maka terdapat komponen heater. Yaitu berfungsi untuk memanaskan air di dalam mesin cuci.

- Door Lock
Fungsinya yaitu untuk mengunci pintu mesin cuci selama mesin cuci masih beroperasi. Penting juga bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara membuka mesin cuci yang terkunci. Anda dapat bertanya langsung pada tenaga yang profesional jika mesin cuci Anda mengalami kerusakan.

Selain yang sudah disebutkan, komponen yang juga ada pada mesin cuci Front Loading yaitu Inlet Valve. Fungsinya yaitu untuk mengatur air yang masuk sesuai dengan perintah controller. Jika menggunakan mesin cuci 2 tabung, air yang masuk dikontrol secara manual. Demikian pembahasan mengenai cara kerja mesin cuci Front Loading dan komponen-komponennya.