Selasa, 04 Januari 2022

Cara Menggunakan Linkedin Untuk Mencari Pekerjaan

Cara Menggunakan Linkedin - Jejaring sosial untuk para profesional memang telah banyak bermunculan. Tetapi Linkedin bisa dianggap sebagai salah satu yang cukup diminati, dengan anggota yang berasal dari sekitar 200 negara. Jejaring sosial ini juga telah mengakomodir hingga 17 bahasa. Berbagai perusahaan menggunakan Linkedin untuk mencari karyawan. Sehingga bagi para pencari kerja, menampilkan kemampuan profesionalnya melalui situs ini akan sangat membantu untuk mencari pekerjaan. Adapun cara menggunakan linkedin adalah sebagai berikut: 

cara mencari teman di linkedin,cara melamar kerja di linkedin,linkedin untuk promosi,tips,cara main linkedin,contoh profil linkedin,aplikasi linkedin,cara mengisi profil linkedin,
Cara Menggunakan Link2SD
1. Membuat profil
Untuk dapat memanfaatkan fungsi Linkedin dalam mencari pekerjaan, pengguna harus terlebih dahulu membuat profil. Profil pada Linkedin tentu berbeda dengan media sosial lainnya, karena menitikberatkan pada skill professional serta pengalaman kerja. Profil ini dapat menjadi referensi dan bahan pertimbangan bagi perusahaan yang tertarik merekrut tenaga kerja. Pihak Linkedin juga akan membantu mengukur kelengkapan dari profil, dengan memberikan persentase 0-100%. Persentase ini berpengaruh terhadap mesin pencarian dari Linkedin.

2. Membuat koneksi
Nilai persentase yang diberikan Linkedin terhadap sebuah profil juga dipengaruhi oleh jumlah koneksi atau teman. 50 menjadi jumlah minimal yang harus dimiliki. Untuk bisa memperoleh banyak koneksi, ada cara mencari teman di Linkedin yang akan sangat memudahkan penggunanya membangun koneksi. Situs ini dilengkapi dengan algoritma maupun data mining untuk menyebar jaringan dan mendapatkan teman. Linkedin juga akan merekomendasikan pengguna-pengguna lainnya yang memiliki kedekatan dan dapat ditambahkan sebagai teman. 

3. Mencari pekerjaan
Linkedin memiliki fitur untuk mencari pekerjaan yaitu Job Search serta Recruitment Tools. Jika pengguna masuk ke tab Jobs, maka berbagai pekerjaan dapat ditemukan. Dengan memasukkan keyword berupa nama perusahaan, jabatan, gaji, lokasi, jenis industri dan sebagainya, pekerjaan impian akan mudah ditemui. Cara menggunakan Linkedin untuk mencari pekerjaan juga dapat dilakukan dengan mengunjungi profil yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Disini perusahaan akan menampilkan lowongan pekerjaan, dan memungkinkan calon pelamar menginput lamarannya via Linkedin. 

4. Bergabung dengan Grup
Saat ini di Linkedin terdapat 1,3 juta grup. Terbentuknya group-group tersebut didasarkan pada tujuan tertentu, organisasi tertentu, sebuah brand, jenis industri, dan lain sebagainya. Dengan menjadi anggota grup pengguna bisa memmperoleh banyak keuntungan. Diantaranya adalah memperluas koneksi, meminta nasehat, berbagi ilmu dan lain-lain. Ada grup yang bersifat terbuka, tetapi ada juga yang membutuhkan autentifikasi untuk bergabung. 

Cara menggunakan Linkedin kini semakin mudah berkat adanya aplikasi yang bisa dijalankan menggunakan smartphone. Aplikasi ini dapat digunakan pada android, iPhone, Blackberry, iPad, Windows, bahkan perangkat Palm. Dengan aplikasi mobile tersebut, pengguna dapat melakukan update status, update on-the-go ataupun mengecek grup. Mencari koneksi ataupun bertukar informasi juga dapat dilakukan dengan mudah. Dengan Linkedin, pengguna dapat menemukan berbagai pekerjaan impian dari berbagai belahan dunia.