Selasa, 04 Januari 2022

Cara Menggunakan Mikroskop Secara Sederhana Untuk Pemula

Siapa yang tak tahu mikroskop? Benda yang satu ini sangat mudah ditemukan di ruang laboratorium sekolah kita. Cara menggunakan mikroskop sangat bermanfaat untuk berbagai penelitian. Mikroskop akan membantu kita untuk melihat benda-benda berukuran sangat kecil yang tak mampu dilihat oleh mata telanjang. Dengan menggunaka mikroskop, kita dapat melihat berbagai bentuk bakteri, mikro bakteri hingga sel-sel makhluk hidup yang berukura sangat kecil. Itulah mengapa mikroskop menjadi salah satu benda yang memiliki peranan besar dalam berbagai penelitian.

cara menggunakan mikroskop cahaya,cara menggunakan mikroskop dengan benar,mikroskop listrik,binokuler,cahaya listrik,beserta gambarnya,cara penjagaan mikroskop,mikroskop elektron,
Cara Menggunakan Mesin Printer Dengan Praktis
Cara menggunakan mikroskop yang baik dan benar akan sangat berpengaruh terhadap hasil penelitian yang Anda lakukan. Jangan sampai Anda salah menggunakan mikroskop pada saat sedang melakukan penelitian, atau tidak mengetahui bagaimana cara kerja dari mikroskop itu sendiri. Bagi Anda yang sangat menyukai ilmu biologi atau sedang mempelajarinya tentunya tak asing dengan cara menggunakan mikroskop. Namun bagaimana dengan Anda yang sama sekali belum pernah menyentuh mikroskop sebelumnya? Nah, artikel ini akan berbagi denganmu mengenai cara penggunaan mikroskop dengan mudah dan sederhana untuk pemula.

Bagian dan Cara Menggunakan Mikroskop Yang Harus Diperhatikan
Ada beberapa hal yang patut Anda ketahui sebelum menyimak cara menggunakan mikroskop dengan mudah. Untuk mengetahui cara penggunaan mikroskop dengan tepat, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengenali bagian-bagian pada mikroskop supaya Anda tidak kebingungan dalam mempraktekannya. Berikut ini adalah bagian-bagian pada mikroskop yang patut diketahui:

1. Lensa Okuler
Lensa jenis ini merupakan lensa yang letaknya dibagian paling atas mikroskop. Lensa inilah yang akan kita gunakan untuk melihat obek, yang mana lensa ini akan berada paling dekat dengan mata kita sebagai observer.

2. Lensa obekjtif
Merupakan lensa yang berada paling dekat dengan obek yang kita amati. Lensa inilah yang memiliki peranan besar dalam memperbesar ukuran obek sebelum sampai dimata kita sebagai observer.

3. Tabung mikroskop
Tabung ini berada tepat diantara lensa okuler dan lensa obekjetif. Berfungsi untuk mengatur fokus bayangan dari lensa hinga sampai kemata kita.

1. Makrometer dan mikrometer
Keduanya merupakan bagian mikroskop yanjg berfungsi untuk mengatur ukuran obyek yang kita amati melalui lensa. Mengatur keduanya akan membuat lensa bergerak turun atau naik.

2. Meja kerja
Meja kerja merupakan istilah untuk penampang kecil pada tubuh mikroskop sebagai tempat kita meletakkan objek yang hendak kita amati.

1. Penjepit kaca
Guna dari benda ini adalah sebagai penahan atau penjepit agar objek tidak bergeser ketika sedang kita amati melalui okuler.

Selain enam bagian mikroskop tadi, ada lagi beberapa bagian mikroskop yang juga memiliki kegunaannya masing-masing. Namun bagian-bagian tersebut tidak memiliki peranan besar dalam penggunaan mikroskop pada umumnya. Nah, ini dia cara menggunakan mikroskop secara praktis yang bisa Anda praktekkan.

1. Posisikan mikroskop diatas meja dengan tepat dihadapanmu. Yaitu dengan posisi lengan mikroskop berada tepat dihadapanmu.

2. Sebelum meletakkan obek ke meja kerja, perhatikanlah terlebih dahulu melalui lensa okuler apakah pencahayaannya suda cukup atau belum.

3. Letakkan objek diatas meja kerja dengan menggunakan gelas preparat. Kemudian jepit dengan menggunakan kaca penjepit.

4. Atur lensa dengan menggunakan makrometer atau mikrometer. Aturlah sesuai dengan kebutuhanmu dalam mengamati objek.

Demikianlah cara menggunakan mikroskop secara sederhana untuk pemula. Jika Anda memiliki partner yang lebih tahu mengenai penggunaan mikroskop, tak ada salahnya Anda untuk memintanya mengajarimju. Namun mengenai penggunaan mikroskop sesungguhnya tidak terlalu sulit dan tidak serumit yang Anda bayangkan. Semoga artikel ini bermanfaat!