Minggu, 02 Januari 2022

Cara Menggunakan Oven Kompor dan Teknik Perawatan Yang Benar

Cara Menggunakan Oven Kompor - Memanggang kue basah atau kue kering tentunya sangat membutuhkan oven. Sementara harga oven listrik cukup mahal. Bagi ibu-ibu hemat yang doyan masak, oven kompor atau oven tangkring adalah pilihan yang tepat. Selain harganya miring, tidak bikin tagihan listrik bengkak juga bisa menghasilkan aneka kue berkualitas dan enak. Tapi walaupun sudah sangat familiar untuk berbagai kebutuhan membuat kue, masih banyak yang belum mengetahui cara menggunakan oven kompor dan teknik perawatan yang benar.

cara menggunakan oven kompor hock,hock model tempat arang,oven tangkring dengan termometer,oven gas,cara memanggang bolu gulung dengan oven tangkring,kompor gas,oven listrik,oven kompor modena,
Cara Menggunakan OpenVPN Connect di Android
Penggunaan dan cara perawatan oven kompor harus benar agar oven tidak cepat berkarat, selalu bersih dan aman untuk membuat kue. Penggunaan oven kompor memang tidak sepraktis oven listrik, namun disitulah seninya memasak. Anda juga harus memperhatikan perawatan perangkat masak tersebut supaya kue-kue yang Anda hasilkan terjaga keamanan dan kelezatannya. Karena itu perhatikan, tips cara menggunakan oven kompor dibawah ini.

1. Jika oven tersebut masih baru, sebelum digunakan cucilah sampai bersih dengan sabun, pastikan tidak ada plastik kemasan atau stiker plastic yang masih menempel karena akan menimbulkan bau dan racun apabila terpanggang bersama makanan. Jika sudah dicuci, keringkan dengan lap bersih. Setelah itu, panaskan diatas kompor selama 3-4 kali sampai tidak ada aroma gosong atau bau oven. 

2. Ketika hendak digunakan, pastikan jarak antara oven dengan tembok atau dinding minimal 15 cm. Jika kompor Anda terlalu mepet, Anda bisa menggesernya terlebih dahulu sampai ada jarak. Kemudian gunakan tangkringan besi atau batu bata agar tedapat jarak yang cukup aman antara bagian bawah oven dengan api kompor. Hal ini supaya panas lebih rata dan kestabilan oven Anda lebih terjaga. Pastikan oven tidak miring atau goyang saat digunakan.

3. Cara menggunakan oven kompor selanjutnya dengan memanaskan dahulu oven selama 10 menitan atau sampai Anda mendapatkan suhu yang pas untuk memanggang, kemudian baru masukan loyang. Gunakan api yang tidak terlalu besar agar kue tidak gosong. Pastikan sering mengecek kue dan memutar loyang atau menukar loyang dari rak atas ke rak bawah dan sebaliknya. 

4. Jika perlu Anda bisa menggunakan termoter oven untuk memastikan suhu. Karena oven kompor tidak memiliki timer perhatikan selalu waktu memasak Anda. Jika sudah selesai memasak segera matikan kompor, diamkan oven dalam keadaan pintu terbuka sampai oven dingin. Setelah itu cara membersihkan oven kompor dengan melepaskan rak-rak bagiannya cuci dengan sabun dan spons. Kemudian keringkan dengan kain bersih

Cara menggunakan oven kompor ini cukup mudah bukan? Jangan lupa, cara penyimpanan oven kompor juga harus benar. Simpan di tempat tertutup jika sudah kering, Anda bisa memasukan ke dalam kardus bersih atau tutup kembali dengan plastik pembungkus, karena oven kompor sangat mudah menjadi tempat persembunyian kecoa atau tikus. Jika hendak digunakan lagi oven bisa dicuci kembali atau cukup dilap dengan lap basah.