Senin, 03 Januari 2022

Cara Menggunakan Panci Presto Yang Benar Agar Masak Lebih Cepat dan Aman

Cara Menggunakan Panci Presto - Bagi orang yang gemar memasak, satu peralatan memasak yang wajib Anda miliki adalah panci presto. Panci presto membikin masak jadi lebih cepat matang. Artinya, proses memasak jadi lebih cepat dan efisein. Selain itu, katanya hasil masakan yang dimasak dengan panci presto rasanya lebih menggigit karena aroma dan rasa orisinal dari daging dan bumbu-bumbu tidak menguap. Zat-zat yang terkandung dalam makanan pun lebih terjaga. Tapi, semua akan didapatkan hanya jika cara menggunakan panci presto Anda benar. 

cara menggunakan panci presto maxim,cara memasak dengan panci presto,presto maxim 7 liter,presto daging,resto maxim 4 liter,presto vicenza,presto airlux,cara membuka panci presto yang terkunci,
Cara Menggunakan Oven Kompor
Panci presto memang bentuknya agak sedikit berbeda dari panci biasa. Harga panci presto juga sedikit lebih mahal dari panci konvensional. Tetapi manfaat yang akan Anda dapatkan menggunakan panci presto juga tidak sedikit. Anda bisa menikmati gurih dan lembutnya ikan presto yang begitu lunak dan bumbu tradisionalnya yang begitu meresap sempurna. Bayangkan jika Anda tak menggunakan panci presto, Anda harus membuangi duri ikan yang berbahaya bagi anak-anak jika tertelan bukan?

Cara menggunakan panci presto begitu mudah dan praktis. Karena masakan lebih cepat jadi, Anda harus benar-benar fokus saat menggunakan panci jenis ini. Jangan meninggalkan dapur dalam waktu lama ketika sedang memasak dengan panci presto, apalagi disambi dengan pekerjaan ini itu yang membuat Anda lupa. Masakan Anda tidak hanya bisa gosong, tetapi berbahaya karena tekanan panas dalam panci yang terlalu lama akan membuat panci rusak.

Berikut ini adalah cara memakai panci presto yang benar, pertama siapkan dulu bahan-bahan yang akan Anda masak. Bersihkan panci presto sebelum digunakan, baik pada tutup maupun bagian dalamnya. Buka panci dan tuangkan atau tata makanan yang akan Anda masak. Jangan mengisi panci presto dengan makanan sampai penuh. Pastikan minimal ada 1/3 ruang kosong dalam panci presto sebagai tempat untuk uap panas yang dihasilkan karena tekanan tinggi saat memasak. 

Jika Anda memasak jenis masakan berkuah, pastikan ada ruang ½ bagian yang kosong diluar air dan makanan. Karena kaldu atau air akan menciptakan lebih banyak uap panas. Setelah masakan tertata rapi dan tidak ada bumbu yang tertinggal, tutup rapat panci presto searah jarum jam hingga terdengar bunyi klik. Pastikan panci tertutup rapat, serta cek dahulu jika ada bagian yang lepas, bocor atau terbuka, karena gas dapat keluar dari sana. 

Gunakan api sedang atau besar di menit-menit pertama waktu masak. Jika telah keluar bunyi seperti siulan dari katup, maka kecilkan api kompor, tunggu beberapa menit hingga masakan matang. Setelah itu, matikan api dan tunggu beberapa saat sampai uap panas atau desisan yang keluar dari katup hilang. Pastikan uap didalam panci telah habis sebelum Anda membukanya. Setelah itu, buka panci presto dan keluarkan masakan yang telah jadi ke dalam wadah. Cara menggunakan panci presto mudah bukan? Kini Anda bisa mencoba berbagai masakan.